Muhammad Irfan Zain

Surah Al Baqarah; 9

Allah berfirman :

يُخَٰدِعُونَ ٱللَّهَ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَمَا يَخۡدَعُونَ إِلَّآ أَنفُسَهُمۡ وَمَا يَشۡعُرُونَ

9. Mereka menipu Allah dan orang-orang yang beriman, padahal mereka hanyalah menipu diri sendiri tanpa mereka sadari.

 

Penjelasan Global :

Orang-orang munafik, mengapa mereka mereka menyembunyikan kekafirannya ?. Allah nyatakan bahwa mereka melakukan upaya itu untuk menipu Allah dan orang-orang beriman dengan penampilan dan tutur katanya. Dengan itu mereka sangka bahwa mereka akan selamat.

Namun ternyata kekafiran itu membutakan seseorang., bahkan terhadap perkara yang sangat jelas sekalipun. Orang-orang kafir itu sesungguhnya meyakini keberadaan Tuhan Yang Maha Melihat. Namun ternyata keyakinan mereka itu telah diburamkan oleh kekafiran yang mereka pendam, yang membuat mereka lupa dan tidak menyadari bahwa hakikat tipuan mereka itu sesungguhnya hanya akan kembali kepada mereka sendiri. Betapa tidak ?!,  sedang yang hendak mereka tipu adalah Dzat yang diyakininya sebagai Tuhan.

Bagaikan seorang yang lulus menjadi dokter dengan ijazah palsu. Ia sangat memahami bahwa profesi sebagai dokter itu hanya dapat dijalankan oleh seorang yang telah mempelajarinya dan dinyatakan lulus dari seluruh proses pembelajaran itu. Namun ternyata obsesi dunianya telah memburamkan keyakinan dan pemahamannya itu, hingga ia pun menempuh jalan pintas, membeli ijazah untuk meraih obsesinya. Dan selanjutnya, Anda bisa bayangkan sendiri apa gerangan yang akan terjadi dengannya …

Print Friendly, PDF & Email